Oksigen Tabung

Kita sebagai manusia, seperti halnya makhuk hidup lainnya pastilah memerlukan oksigen untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

 

Oksigen merupakan salah satu komponen gas dan unsur vital dalam proses metabolisme, untuk mempertahankan kelangsungan hidup seluruh sel tubuh. Secara normal elemen ini diperoleh dengan cara menghirup udara ruangan dalam setiap kali bernafas. (Dikutip dari Terapi Oksigen Dalam Asuhan Keperawatan oleh Ikhsanuddin Ahmad).

Dalam pemberian sumber oksigen perlu diperhatikan “humidification”. Hal ini penting diperhatikan karena udara yang normal dihirup telah mengalami humidifikasi (pelembaban udara) sedangkan oksigen yang diperoleh dari sumber oksigen (tabung) merupakan udara kering yang belum terhumidifikasi.

 
TIPS MENGGUNAKAN OKSIGEN (OKSIGEN TABUNG)

Sumber oksigen ini biasanya terdiri dari tabung, troli dan regulator.

1. Tabung Oksigen

Sumber oksigen (oksigen tabung) yang tersedia di Griyakami Homecare ukurannya yaitu 1M³ dan 6M³. Oksigen 6M³ tingginya ±150 cm, sedangkan yang 1M³ tingginya ±70 cm.

Tabung oksigen 1M³ biasanya digunakan pasien yang memerlukan oksigen sewaktu-waktu atau sebagai cadangan, terutama untuk pasien yang sedang melakukan perjalanan, misalnya sedang check up ke Rumah Sakit, dll. Pemakainnya sekitar 2 hingga 4 jam tergantung kebutuhan pasien.

 

Oksigen 6M³ sering kita jumpai di Rumah Sakit atau tempat rawat inap. Pemakaiannya sekitar 24 hingga 36jam, tergantung kebutuhan pasien.

 

  • Cara membersihkan tabung oksigen yaitu tabung tersebut harus di lap dengan menggunakan lap lembab. Lap tersebut jangan terlalu basah karena bila terlalu basah dapat membuat tabung menjadi mudah berkarat. Lalu setelah di lap dengan menggunakan lap lembab, gunakan lap kering untuk memaksimalisasi pembersihan tabung.
  • Cara membuka tutup oksigen, tangan harus dalam keadaan kering. Jangan berminyak, karena dapat menyebabkan kebakaran.

 

2. Troli

  • Troli ini berfungsi untuk memudahkan dalam membawa dan memindahkan tabung oksigen. Cara membersihkan troli yaitu dengan menggunakan lap kering untuk membersihkan debu dan mencegah karat.

 

3. Regulator

 

Regulator adalah alat ukur tekanan oksigen yg dibutuhkan oleh pasien. Alat ini berfungsi untuk mengatur oksigen yang akan keluar dan dibutuhkan (dihirup) oleh pasien.

 

  • Regulator terdiri dari :
  1. Petunjuk jumlah isi tabung, untuk mengetahui isi oksigen dalam tabung.
  2. Petunjuk tekanan oksigen (tabung bola ukur), untuk mengatur berapa banyak oksigen yang dibutuhkan oleh pasien.
  3. Tabung cairan NaCL atau aquades, yang berfungsi sebagai media kelembaban oksigen yang keluar.
  4. Selang [disebut : Softip Nassal] atau masker yang dihubungkan ke hidung/mulut pasien sebagai alat bantu pernafasan.

 

  • Cara memasang regulator :
  1. Agar aliran oksigen berjalan dengan baik pastikan bahwa sambungan antara tabung oksigen dan regulator benar-benar tertutup rapat.
  2. Gunakan selotip putih (selotip khusus yg biasa digunakan untuk menyambung pipa/kran) pada ulir drat sebelum drat dipasang.
  3. Periksa/perhatikan bola ukur (naik/turun) dan jarum tekanan pada regulator untuk memastikan bahwa oksigen mengalir dengan baik sesuai dengan kebutuhan.
  4. Isi air dengan NaCL atau aquades pada tabung regulator, cairan ini berfungsi untuk media kelembaban oksigen. Perhatikan jangan sampai cairan ini habis / tabung kosong.
  5. Matikan putaran tekanan jika oksigen tidak dipakai.